Beroperasi secara efisien adalah salah satu alasan utama menjalankan bisnis yang sukses. Namun, memastikan setiap operasi berjalan lancar seringkali lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, terutama ketika pemilik bisnis harus menangani semua pekerjaan pada saat yang sama. Jika Anda bertanya-tanya solusi untuk efisiensi yang lebih besar, maka Digitalisasi bisa menjadi jawabannya. Perusahaan harus menyesuaikan proses bisnis dan teknologi saat ini ke dalam pekerjaan mereka.

Menurut sebuah laporan, usaha kecil dan menengah telah berkembang pesat dan berkontribusi sekitar 45 persen dari seluruh output industri negara tersebut. UKM berada pada pertumbuhan eksponensial dan mengadopsi teknologi terbaru untuk meningkatkan bisnis mereka, mencapai target secara lebih efisien, mengurangi biaya dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Dengan menggunakan, alat digitalisasi, UKM dapat menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi dengan jangkauan pelanggan yang lebih besar dan meningkatkan peluang karyawan.

Digitalisasi adalah hal besar berikutnya bagi UKM untuk mengurangi biaya operasional, meningkatkan efisiensi, akurasi dan membantu mereka mewujudkan potensi penuh mereka. Usaha kecil dapat memfasilitasi pengembangan model bisnis baru dan menyederhanakan operasi mereka. Bisnis harus cepat merespon perubahan dinamika pasar agar dapat bertahan di dunia yang kompetitif. Dengan mengadopsi teknologi baru, UKM akan memainkan peran utama dalam meningkatkan perekonomian negara.

Mengapa Digitalisasi adalah Suatu keharusan untuk UKM

UKM menghadapi banyak tantangan seperti batas anggaran, tantangan pertumbuhan dan sumber daya yang terbatas. Digitalisasi adalah alat terbaik untuk usaha kecil karena memerlukan investasi minimum dan memberikan jangkauan tak terbatas. Alat digital dapat meningkatkan produktivitas karyawan dan melacak kinerja mereka.

Tiga bidang di bawah ini akan diuntungkan jika digitalisasi diadopsi di UKM:

Kemenangan Pelanggan:

Digitalisasi adalah cara terbaik untuk terhubung dengan klien di geografi yang jauh dan menciptakan jangkauan yang lebih besar di antara segmen sasaran. Data besar yang dikumpulkan dapat dikelola dengan cara yang lebih efektif baik untuk klien yang sudah ada maupun yang baru. Digitalisasi juga akan mengoptimalkan penjualan dan membuka saluran baru.

Pemberdayaan Tenaga Kerja:

Digitalisasi dapat membantu dalam mengidentifikasi defisit tenaga kerja dan bidang utama pengembangan keterampilan yang diperlukan dalam organisasi. Ada berbagai alat digital yang sekarang tersedia bagi karyawan dan untuk usaha kecil untuk memantau produktivitas karyawan secara lebih efektif dan efisien. Solusi dan pelatihan berbasis web untuk karyawan akan memungkinkan UKM untuk memberdayakan karyawan mereka dengan alat dan teknologi baru setiap hari dan meningkatkan produktivitas mereka.

Manajemen risiko:

Keamanan data menjadi penting karena penggunaan teknologi menjadi tanggung jawab untuk melindungi informasi perusahaan. Ada berbagai teknologi yang juga dapat digunakan untuk melindungi aset fisik, data karyawan, dan informasi keuangan.