Staf pelatih setiap tim sepak bola mulai bersiap untuk pertandingan berikutnya dengan melihat film-film pertandingan lawan mereka berikutnya.

  • Apakah fullback mereka lebih suka berbelok ke kanan atau ke kiri?

  • Apakah tendangan mereka akurat dari 50 meter?

  • Apakah pemblokir bintang mereka masih terluka?

Berulang kali mereka mengulas film, mencari kekuatan yang mereka perlukan, strategi untuk bertahan, dan kelemahan yang dapat mereka manfaatkan. Dalam istilah pemasaran, mereka menyiapkan "Analisis Kompetitif" dan "Rencana Tindakan" yang mereka sebut "Rencana Permainan".

Tentu saja, analisis kompetitif ini tidak terbatas pada sepakbola; itu ada di semua olahraga di hampir setiap tingkat, kampanye politik, dan hampir setiap situasi persaingan lainnya termasuk dalam setiap jenis bisnis.

Bisnis Anda, seperti tim sepak bola, bersaing melawan lawan, dan hari ini, dengan kemampuan hampir universal pelanggan dan prospek Anda untuk mencari di internet, Anda bersaing melawan bisnis di seluruh dunia. Agar berhasil, Anda harus melakukan jenis analisis yang sama; mengembangkan jenis rencana yang sama:

  • Jika mereka dapat melahirkan dalam tiga minggu, bisakah Anda memberikan dua?

  • Jika mereka menawarkan garansi 90 hari, dapatkah Anda menawarkannya selama enam bulan?

  • Jika harga mereka termasuk perakitan, dapatkah Anda termasuk perakitan dan pengiriman?

  • Jika harganya $ X, dapatkah Anda menawarkan harga yang lebih rendah atau penghematan dalam bentuk apa pun?

  • Jika mereka memiliki staf yang terlatih, ramah dan berpengetahuan, dapatkah staf Anda menjadi lebih baik?

Mendapatkan keunggulan kompetitif membutuhkan mengetahui apa yang ditawarkan kompetisi, dan itu membutuhkan sedikit kecerdikan. Baca iklan mereka untuk melihat apa yang mereka tawarkan, lihat situs web mereka dan ukur kemudahan navigasi situs mereka, menjadi pelanggan dan lihat bagaimana Anda diperlakukan.

Mulailah memanfaatkan kekuatan Anda dan gantikan pesan superioritas Anda. Mulailah mengidentifikasi kelemahan Anda dan melembagakan strategi mengubah kelemahan menjadi kekuatan (limun dari lemon?). Mulai bekerja untuk meningkatkan keramahan, pengetahuan, dan bantuan staf Anda. Kemudian mulailah memantau keefektifan upaya Anda untuk menjadi lebih kompetitif dan atur mereka yang bekerja dan ubah yang masih tidak memiliki efek yang diinginkan. Itulah yang dilakukan tim sepak bola di ruang ganti pada saat turun minum untuk mengubah momentum ke sisi mereka, dan Anda juga bisa melakukannya.

Jika Anda menggunakan "Analisis Kompetitif" Anda dapat mengembangkan "Rencana Game" yang menang seperti Pro dalam NFL, tetapi sadarilah bahwa perusahaan yang Anda ikuti juga melakukan hal yang sama. Jadi, tambahkan opsi fleksibilitas ke dalam Paket Anda.